Thursday 14 April 2016

Isi Skripsi Lengkap Bab I sampai Bab V

Sistematis skripsi

Sistematika dalam penyusunan skripsi secara umum terdapat 5 bab.Apa saja kah yang perlu diperhatikan dalam Isi Skripsi setiap bab nya, karena setiap karya ilmiah tidak ada yang namanya salah pemasukan bab ,karena yang saya alami kurang spasi, kurang tab menjorok, ada kata-kata yang harus italic seperti itu harus benar-benar diperhatikan. Untuk Memahami isi skripsi tiap bab nya berikut ulasannya
,..

Isi Skripsi Lengkap Bab I sampai Bab V


BAB I             PENDAHULUAN

–          Latar Belakang permasalahan

(Latar Belakang Permasalahan merupakan penjelasan fenomena yang diamati dan menarik perhatian peneliti dan bukan merupakan alasan pemilihan judul.)

–          Identifikasi Masalah

(Langkah ini mencari gagasan tentang topik penelitian yang akan dilakukan)

–          Tujuan Penelitian

(Tujuan Penelitian,Tujuan penelitian merupakan sasaran yang hendak dicapai oleh peneliti sebelum melakukan penelitian dan mengacu pada permasalahan)

–          Kegunaan hasil Penelitian

(Kegunaan Penelitian, menguraikan kontribusi yang diharapkan dari hasil penelitian itu sendiri)

–          Lokasi dan jadwal penelitian

( lokasi penelitian, menjelaskan lokasi penelitian yang di teliti dalam pembuatan skripsi, jadwal penelitian, berisi tentang lama nya penelitian contohnya dari tanggal berapa sampai tanggal berapa)

BAB II            Landasan Teoritis dan Kerangka Pemikiran

Dalam Bab II ini  sebaiknya menjelaskan tentang acuan yang berhubungan dengan permasalahan yang diteliti dan acuan-acuan yang berupa hasil penelitian.

BAB III          Objek Dan Metode Penelitian

Isi dari BAB III sangat bergantung pada jenis dan topik skripsi yang di buat.



BAB IV     HASIL PENELITIAN

Bab ini menguraikan gambaran umum unit observasi seperti data atau variabel/konsep, penelitian, perusahaan, daerah, lokasi, proses, atau sejenisnya, serta menguraikan analisis dan pembahasan hasil penelitian.

–    Gambaran umum unit observasi

Untuk penelitian deskriptif dan komparatif, gambaran umum unit observasi dapat memuat tentang sejarah dan kegiatan perusahaan yang diteliti. Struktur organisasi dan uraian tugas dan tanggungjawab hanya dimuat bila ada evaluasi yang terkait dengan permasalahan, bila tidak ada permasalahan yang terkait dengan struktur organisasi dan uraian tugasnya maka tidak perlu dipaparkan.

Untuk penelitian kuantitatif dan komparatif perlu diberikan gambaran umum unit observasi berupa kelompok populasi misal sektor industri/perusahaan dan sampel penelitian. Gambaran umum unit observasi ini dapat menggambarkan data, variabel penelitian, perusahaan dan proses atau sejenisnya.

Untuk penelitian kualitatif yang merupakan analisis teks, bagian ini akan memuat gambaran obyek/materi yang akan dianalisis (narasi teks, foto, audio, dan sebagainya) dalam konteks yang lebih luas. Sementara untuk penelitian kualitatif yang bersifat studi lapangan, gambaran umum lapangan dipaparkan secara lebih detail dan menyeluruh. Hal ini didasari prinsip bahwa studi lapangan di dalam penelitian kualitatif umumnya bersifat holistik. Sementara untuk penelitian kualitatif yang bersifat studi teks, dan sebagainya, gambaran umum unit observasi disesuaikan dengan kebutuhan analisis.

– Analisis dan Pembahasan

Bab ini menganalisis dan membahas fakta-fakta yang ada dalam entitas yang menjadi unit observasi. Analisis harus dilakukan dengan menggunakan teori yang telah dikemukakan di bab II beserta interpretasinya. Untuk menghasilkan kesimpulan yang beralasan kuat.

BAB V       KESIMPULAN DAN SARAN

Dalam bab ini dikemukakan secara singkat kesimpulan, mencakup jawaban yang dipoleh dari interpretasi data yang merupakan jawaban terhadap permasalahan penelitian, nilai lebih dan kelemahan dari penelitian yang telah dilakukan. Saran yang diberikan harus singkat, berangkat pada kelemahan baik proses dari penelitian yang dilakukan maupun kelemahahan terkait temuan penelitian, dan merupakan pemecahan masalah.

Sukses dan lancar yaa dengan skripsinya,,..Semoga mendapatkan hasil yang terbaik,..
Aminn :)

tambah pengetahuan anda dengan www.nopikpriyanto.com

No comments: